Debu 0

Jrink Hetfield | 20:47 |


“Lagu-lagu kami bertema pesan kehidupan. Cara bagaimana kita menghadapi kehidupan, jadi bagaimana hidup dengan memenuhi potensi kita sebagai khalifah Allah di bumi. Itu saja!” ucap Mustafa, vokal utama, komposer dan arranger DEBU sekelompok pemusik asal New Mexico, Amerika Serikat.

Perjalanan kelompok musik Debu tidak bisa lepas dari ilham yang didapat Syekh Fattaah ketika masih berada di Amerika. Kelompok ini memang sudah lama berniat hijrah karena mendambakan lingkungan yang lebih islami. Namun selama dua tahun mereka masih dibingungkan dengan negara mana yang paling tepat untuk ditinggali. Sebagian dari mereka sempat mencoba menetap di Republik Dominika, namun mereka masih belum bisa merasakan ketentraman yang mereka dambakan.

Hingga suatu malam, Syekh Fattaah tiba-tiba mendapatkan ilham untuk pergi ke Indonesia. Padahal saat itu mereka tak ada yang mengenal negara ini. Namun tanpa ragu mereka membulatkan tekad untuk hijrah dan sampailah mereka di Indonesia –tepatnya Jakarta– pada Maret 1999. Baru tiga bulan di Jakarta mereka diundang Universitas Muslim Indonesia [UMI] Ujung Pandang untuk mengajar para mahasiswa di sana selama kurang lebih satu tahun sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.

Di mana pun Debu berada, mereka tak bisa dilepaskan dari musik. Karena bermusik memang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kelompok ini sejak di Amerika. Bahkan sejak mereka masih kanak-kanak. “Bermusik akan membuat seorang lebih peka terhadap kehidupan,” ucap Mustafa yang juga jadi juru bicara kelompok ini. Meski tadinya mereka hanyatampil secara internal di dalam keluarga atau menjadikan musik sebagai sarana untuk menyentuh para mahasiswa di UMI akan keindahan Islam, ternyata kian banyak orang yang menyukai lagu-lagu mereka. Perlahan keberadaan mereka kian dikenal di negeri ini.

Biodata Debu

Anggota:
Ada sekira 12 personil di Debu, namun anggota dapat berganti, bertambah dan berkurang secara fleksibel, antara lain:

Mustafa Ibn Daood: Vokal utama, violin, oud, composer, arranger
Layla Wafiyah: Harpa, kanoon, tambourine, vocalist
Fatimah Husniah: Violin, baglama
Daood Abdullah: Drum
Ali Mujahid Abdullah: Bass, backing vocal
Naimah Mahmoud: Mandolin, perkusi, oud
Najmah Hakimah: Santoor, violin, composer
Naseem Nahid DeVoe: Perkusi, peman riq
Muhammad Saleem: Flutes, perkusi
Syakura Yasirah: Violin, saz
Abdul Wahab: Perkusi
Dhimas Ramadhan: Guitar flamenco

Diskografi

1. Mabuk Cinta [2003]
2. Makin Mabuk [2004]
3. Nyawa dan Cinta [2006]
4. Gubahan Pencinta [2007]
5. Hep Beraber [2007] berbahasa Turki dan beredar di Turki.

Debu akan merilis empat album baru. Satu album global untuk pasar internasional, satu album lokal, satu berbahasa Turki, dan satu berbahasa Iran.

Download:

Debu - Cinta Saja.mp3
Debu - Mazhab Cinta.mp3
Debu - Nyawa Dan Cinta.mp3

0 Responses So Far:

 
mp3 collection Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS